untuk membuat tombol dalam flash. kali ini saya manfaatkan corel draw untuk membuat objeknya.
Obyek kebetulan saya buat dari dari objek yang berbeda. Kedua obyek tersebut akan kita simpan masing2 dengan nama gambar1 dan gambar2. kebetulan kali ini untuk menyimpannya supaya objek bisa di masukkan ke dalam flash dengan indah saya menggunakan fasilitas KLIK FILE - KLIK EXPORT, dengan save nama yang disukai dan type SWF
Selanjutnya kedua gambar tersebut akan kita masukkan ke dalam macromedia flash dengan menggunakan fasiltis KLIK FILE - KLIK IMPORT TO LIBERY. Munculkan dengan KLIK WINDOWS - LIBERY
Yang dimana akan terlisah seperti gambar diatas.
selanjutnya kita masukkan gambar2 tersebut kedalam macromedia flash. masing-masing 1 layer
usahakan dan biasakan kita selalu memberi nama layer kita. Dengan cara pada nama layer 1 kita klik 2 x dan lakukan rename nama layer tersebut dan tekan enter. Contoh pada layer 1 kita ganti menjadi gambar 1. Pada layer selanjutnya kita ganti gambar 2
Setelah kedua obyek terdapat pada masing-masing layer. obyek kita tata dan kita bentuk menyerupai sebuah tombol.
Langkah selanjutnya. Obyek akan kita rubah menjadi sebuah symbol dengan cara klik arrow tool
lakukan blok atau drag and drop pada kedua obyek tersebut.
langkah selanjutnya adalah menjadikan obyek menjadi symbol botton dengan cara klik kanan pada obyek. pilih convert to symbol. pada bihavier kita pilih option botton dan ada lebih baiknya kita juga ganti nama symbolnya
Setelah objek terconvert menjadi symbol. tugas kita selanjutnya adalah melalkukan animasi di dalam symbol botton tersebut. dengan cara ...??
1. Klik objek tombol tersebut 2 x sehingga anda akan memasuki area di dalam objek / objek editor
dengan di tandai munculnya katerangan nama symbol pada area status stage kita yang semua hanya scene sekarang akan ditambah button/tombol {sesuai dengan nama symbol pada langkah diatas}. perubahan juga bisa terlihat dari deretan frame pada time line akan berubah menjadi frame botton dengan informasi Up - over - down - hit
2. langkah selanjutnya adalah. membuat animasi ketika mouse di gerakkan pada objek. oleh karena tujuan kita membuat sebuah animasi gerak/motion dengan sentuhan mouse frame yang kita gunakan adalah over. sehingga pada over kita klik kanan insert keyframe.
3. Setelah keyframe tercipta dengan arrow tool obyek kita blok drag and drop lalu kita klik kanan convert to symbol dengan option behavier kali ini movie. Jangan lupa beri nama symbil juga.
4. langkah selanjutnya dengan menggunakan arrow tool kita klik objek yang sudah berstatus movie tersebut 2x dengan tujuan pada frame OVER kita akan melakukan animasi di dalam objek movie
5. setelah di dalam movie editing ..kita lakukan pemisah objek yang terdiri dari 2 objek gambar 1 dan gambar 2 dan kembali menjadikan menjadi 2 layer yang berbeda dengan memanfaatkan cut and paste.
begini caranya... kita klik objek 2...lalu kita klik kanan pilih cut.
selanjutnya ciptakan layer baru dengan klik insert layer dan klik kanan pada stage kosong dan pilih paste
Setelah kedua obyek di dalam masing-masing layer. kemudian kita tata lagi sedemikian rupa seperti awalnya.
setelah tertata. pada layer 2. objek akan kita buat bergeser ke kanan apabila mouse menyentuh objek tersebut. dengan cara pada layer 2 kita convert to symbol dengan option bihavier : graphic.
Langkah keberapa ya...@#$@%@ LANJUT
setelah layer2 menjadi symbol graphic. pada layer 1. kita pilih frame ke 15 klik kanan insert frame (bertujuan layer 1 akan selalu ada sampai frame ke 15)
pada layer 2 kita pilih frame ke 15 klik kanan insert key frame. (bertujuan memberikan animasi di dalam frame 15 dari frame 1) setelah itu pindahkan posisi objek ke posisi terbaru. selanjutnya ciptakan motion tween pada layer 2 dengan cara klik kanan create motion tween
langkakh selanjutnya agar ketika mouse disentuhkan dan tombol bergerak lalu bisa berhenti dan tidak kembali kita manfaatkan option action. dengan cara pada layer 2 frame terakhir. kita pilih action. pilih Action - movie control - pilih stop. klik stop 1 x hasilnya script stop akan masuk kedalam frame 15 ditandai dengan simbol huruf a pada frame tersebut
Yup selanjutnya tinggal kita coba aja..dengan cara test movie ..
hasilnya akan seperti di bawah ini.
bagi yang ingin melanjutkan supaya ketika tombol di klik bisa terhubung dengan halaman web. silahkan pada botton edit masuk ke frame DOWN. klik insert keyframe. dengan menggunakan arrow tool convert to botton. silahkan lanjutkan dengan memilih action browser network pilih url. semga berhasil ya
Populer Post
Adobe photoshop adalah program yang diorentasikan untuk mengedit, memodifikasi, maupun memanipulasi bitmap atau foto. Bitmap merupakan kumpulan ribuan titik-titik pixel yang tersusun hingga membentuk suatu pola gambar. Gambar bitmap yang sering kita jumpai biasanya di peroleh dari mesin-mesin seperti : Kamera digital, komputer, scaner, televisi dan alat digital lain. Kehalusan dan ketajaman bitmap atau foto sangat tergantung dari kuantitas titik-titik pixel dalam satuan luas yang di kenal dengan resolusi, satuan tersebut biasa memakai dpi (dot per inci). Dengan demikian semakin besar nilai angka resolusi dalam suatu bitmap, maka semakin halus gambar
COREL DRAW ADALAH program aplikasi berbasis vektor, yaitu gambar yang tersusun atas garis dan kurva. Hal ini yang membedakan dari program aplikasi grafis lain seperti adobe indesaign, adobe ilustrator maupun adobe photoshop. sebagai program yang memiliki platfrom pada bidang grafis khususnya yang berbasis vektor. corel draw dilengkapi edngan fasilitas-fasilitas yang memuat menu-menu tertentu dalam editing gambar vektor dan gambar bitmap.
MACROMEDIA FLASH ADALAH program canggih untuk membuat animasi dan aplikasi web. kini macromedia flash mx tidak hanya hadir untuk media web saja. tetapi mulail merambah
ke media lain seperti video, televisi, game dan pocket pc. macromedia juga digunakan untuk keperlua CD interaktif, presentasi, animasi kartun,
iklan, film, dan company profile
Navigation (Do not Edit Here!)
MEMBUAT TOMBOL FLASH
Search
FREE IKLAN
PENGUMUMAN
Archives
-
▼
2010
(91)
-
▼
February
(72)
- Mencooba Bertanya ?
- TOMBOL PLAY AND STOP sederhana
- MEMBUAT TOMBOL FLASH
- INSERT picture Kedalam POWER POINT
- TOOL ADOBE ( SLICE TOOL)
- KOMIK %&%*(&(&&^%%&
- action dasar
- PROSES PERANCANGAN GRAFIS
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS (GARIS)
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS (BENTUK)
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS (ILUSTRASI)
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS (WARNA)
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS (TEKS)
- KOMPONEN DESAIN GRAFIS (RUANG)
- PRINSIP DESAIN (DASAR)
- PRINSIP DESAIN (KESEIMBANGAN)
- PRINSIP DESAIN (IRAMA)
- PRINSIP DESAIN (SKALA)
- PRINSIP DESAIN (FOKUS)
- PRINSIP DESAIN (KESATUAN)
- DASAR WARNA
- PSIKOLOGI WARNA
- TIPOGRAFI
- TIPOGRAFI (HURUF)
- TIPOGRAFI (TRACKING AND KERNING)
- LAYOUT
- ELEMEN DASAR ADOBE PHOTOSHOP
- TOOL ADOBE (MEASURING TOOL)
- TOOL ADOBE (SHAPE TOOL)
- TOOL ADOBE (DRAWING TOOL)
- TOOL ADOBE (PAINT TOOL)
- TOOL ADOBE (SHARPEN TOOL)
- TOOL ADOBE (STAMP TOOL)
- TOOL ADOBE (CROP TOOL)
- TOOL ADOBE (LASSO TOOL)
- TOOL ADOBE (MOVE TOOL)
- TOOL ADOBE
- PALET ADOBE (2)
- PALET ADOBE (1)
- ADOBE PALET
- TOOL COREL DRAW (5)
- TOOL COREL DRAW (4)
- TOOL COREL DRAW (3)
- TOOL COREL DRAW (2)
- TOOL COREL DRAW
- RESOLUSI
- ELEMEN ADOBE PHOTOSHOP
- EFEK 3D CLIFF
- EFEK PETIR
- EFEK TWIRAL
- EFEK KONTAK LENSA MATA
- D-ADOBE FOTO KUNO
- TEXT DASAR COREL
- OBJEK DASAR COREL
- D-COREL KALENDER
- DASAR ANIMASI
- DASAR ELEMEN FLASH
- STAGE FLASH
- RULER, GRIDE, GUIDE
- PANEL FLASH
- INSERT OBYEK ANIMASI
- ANIMASI
- MOtion Tween
- MOtion Tween rotation
- MOtion Tween tranform
- MOtion Tween color
- TOOL FLASH
- MOVE TOOL
- LASSO TOOL
- MAQIC WAND TOOL
- CROP TOOL
-
▼
February
(72)
0 Comments Received
Leave A Reply